Seminar Mahasiswa PPL Di SMA N 1 Solok Selatan

Humas- Program kegiatan PPL (dalam KKN-PPL) terintegrasi dan saling mendukung satu dengan lainnya guna mengembangkan kompetensi mahasiswa sebagai calon guru atau tenaga kependidikan.

Program-program yang dikembangkan dalam pelaksanaan PPL difokuskan pada komunitas sekolah. Dalam rangka menjaga kualitas pelaksanaan Praktik Pengalaman Lapangan (PPL) IAIN Batusangkar yang PPL di SMA N 1 Solok Selatan kurang lebih selama 4 bulan. Kamis, 10 Mei 2018, mahasiswa PPL Bimbingan Konseling melaksanakan seminar evaluasi akhir PPL.

Acara ini dihadiri oleh Kepala Sekolah, wakil kepala sekolah, pamong mahasiswa PPL serta perwakilan dari kampus IAIAN Batusangkar. Pada acara pembukaan Rifdanilson selaku kepala sekolah menyampaikan “bahwa program yang dirancang diharapkan dapat memberikan pengalaman belajar bagi mahasiswa, terutama dalam hal pengalaman mengajar, memperluas wawasan, melatih dan mengembangkan kompetensi mengajar yang diperlukan dalam bidangnya, serta meningkatkan keterampilan, kemandirian, tanggung jawab, dan kemampuan dalam memecahkan masalah pembelajaran”.

“Masalah yang muncul di lapangan berdasarkan monitoring misalnya praktik mengajar oleh mahasiswa tidak memenuhi target, mahasiswa meninggalkan sekolah dengan berbagai alasan, matrik, catatan dan program mingguan mahasiswa tidak dibuat, dosen pembimbing tidak mengunjungi mahasiswa di lapangan, dan lain-lain”. Tambahnya

PPL ini memiliki dua kepentingan, yakni untuk kepentingan penilaian prestasi mahasiswa dan masukan perbaikan kebijakan program KKN-PPL. Untuk kepentingan yang pertama, penilaian prestasi akademik mahasiswa perlu dipisahkan antara bidang KKN dengan PPL, sedangkan untuk menentukan kebijakan pelaksanaan program PPL perlu dilakukan evaluasi secara menyeluruh oleh tim yang independen.

Komponen yang dinilai menyangkut lima aspek yang meliputi: Perencanaan Pembelajaran, Proses Pembelajaran (komprtansi paedagogik dan profesional), Kompetensi Kepribadian, Kompetensi Sosial, dan Laporan PPL.

Tinggalkan Balasan