Kecerian Siswa/i SMA N 1 Solok Selatan Melaksanakan Pergelaran di Sekolah

Humas-Lembaga pendidikan, khususnya sekolah memiliki peranan penting untuk melestarikan dan mengembangkan hasil karya seni dan budaya tradisional daerah. Peranan lembaga sekolah tersebut dinilai sangat strategis karena pewaris seni dan budaya tersebut masih berusia muda. Di pundak mereka tertumpang harapan untuk melestarikan seni dan budaya hasil karya pendahulu kita. Inilah salah satu landasan diadakannya pagelaran seni tari dan musik.

Seni dan budaya tradisional asli daerah tidak akan lenyap ditelan oleh gegap gempitanya seni dan budaya milik bangsa asing. Anak-anak bangsa akan meresapi lekuk-lekuk nilai yang tersimpan dalam kesenian dan kebudayaan daerah yang lebih sesuai dengan kepribadian bangsa Indonesia.

Menanggapi hal tersebut, SMAN 1 Solok Selatan 4, sekolah rujukan di Kabupaten Solok Selatan, telah mengadakan acara pagelaran seni tari dan musik pada hari Jumat dan Sabtu (11-12/5/2018). Acara serupa telah diadakan setiap tahunnya menjelang ujian sekolah dilaksanakan. Tujuan pagelaran seni dan budaya antara lain: Sebagai langkah untuk menerapkan teori pada mata pelajaran seni dan budaya, Untuk menampilkan berbagai hasil karya seni dan budaya tradisional minang kabau, seperti lagu dan tarian daerah, randai, drama Minang kabau, dll serta Untuk meningkatkan apresiasi siswa terhadap hasil karya seni dan budaya daerah.

Pergelaran ini diikuti oleh seluruh siswa kelas XI dan X SMA N 1 Solok Selatan. Pada pergelaran kali ini memperebutkan tabanas sebesar juara 1 Rp 600 ribu, juara 2 Rp 500 Ribu dan juara 3 Rp 400 masing seni tari dan musik.

Diharapkan pagelaran seni tari dan musik ini dapat juga dilakukan oleh semua sekolah sehingga kesenian dan kebudayaan daerah tetap lestari dan menjadi milik bangsa Indonesia”. Ujar Rifdanilson selaku kepala sekolah

Tinggalkan Balasan